8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Internet

Kalau lapisan ozon semakin lama semakin menipis dan mengakibatkan efek global warming, peminat bisnis internet di Indonesia semakin lama semakin menumpuk hingga menimbulkan efek global latah, hehehe. Kenapa saya bilang latah? Karena faktanya, lebih banyak dari mereka yang masuk ke dunia bisnis internet hanya karena ikut-ikutan saja, tergoda oleh iming-iming cepat kaya dan bisa dapet duit sambil ongkang-ongkang kaki di rumah, tanpa mengerti dengan benar seperti apa sih sebenarnya bisnis internet itu sesungguhnya. Sama faktanya dengan data yang menunjukkan bahwa 80% dari orang yang tersambar petir adalah laki-laki.

Hubungan antara petir dengan bisnis internet? Ya, gak ada lah, aya-aya wae. Emangnya kalo kita ikut bisnis internet trus kemungkinan tersambar petir jadi meningkat, gitu?

Pada intinya, untuk memulai bisnis internet butuh persiapan. Tidak hanya bisnis internet saja, segala sesuatu yang kita lakukan perlu persiapan. Nekat bukan berarti tidak pakai otak.

Yuk kita simak terlebih dahulu kisah nyata berikut ini.

Pada tanggal 30 September 1996, sekitar pukul 2 pagi, pasangan suami istri Paul dan Bonnie Stiller terpaksa dilarikan ke rumah sakit Newton Memorial Hospital dengan luka-luka yang cukup parah. Mereka mengalami kecelakaan akibat sebuah dinamit berukuran 1/4 stik meledak di dalam mobil mereka. Loh, kok bisa? Jadi begini.  Alkisah, pada hari itu kedua orang yang tinggal di Andover Township tersebut sedang boring banget alias mati gaya. Biar gak bosen, keduanya memutuskan untuk keliling kota naik mobil. Entah bagaimana ceritanya, di tengah jalan mereka pengen banget untuk menyulut sebatang dinamit — yang kebetulan ada di mobil mereka — dan melemparkannya ke jalan. Mungkin biar kerasa kayak sedang main film action. Nah sayangnya, saat mereka sedang mewujudkan impian sesaat mereka itu dan dengan bersemangatnya melemparkan dinamit yang sudah tersulit, mereka lupa untuk membuka kaca jendela mobil….

Teman, Anda mungkin tidak akan meledak gara-gara kurang persiapan di bisnis internet. Tapi kemungkinan untuk dilarikan ke rumah sakit masih terbuka lebar. Gara-gara stress berat karena banyak modal yang terbuang percuma misalnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum Anda terjun ke dalam bisnis internet:

  1. Pahami 100% pengertian bisnis internet dan macam-macam bisnis internet yang ada. Anda bisa menyimak presentasi pengertian bisnis internet yang sudah saya publikasikan beberapa waktu lalu. Cari juga sumber-sumber referensi lainnya mengenai dasar-dasar bisnis internet. JANGAN cari informasi dari tempat-tempat yang menggembar-gemborkan bahwa bisnis internet itu mudah dan Anda bisa memperoleh penghasilan dari bisnis internet dalam waktu singkat karena kemungkinan besar pemahaman mengenai bisnis internet yang mereka berikan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.
  2. Dari sekian banyak macam bisnis internet yang ada, pilih satu yang Anda rasa paling sesuai dengan skill dan sumber daya yang Anda miliki. Untuk cari duit dari blog Anda harus bisa (dan rajin) menulis. Untuk cari duit dari program affiliasi, Anda harus bisa membuat iklan yang menarik dan punya modal untuk beriklan. Untuk berbisnis ebook, Anda harus jeli mencari peluang topik dan menuliskannya. Ingat, pahami kemampuan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan bisnis internet mana yang akan ditempuh.
  3. Tidak ada bisnis internet satu pun yang bisa dilakukan tanpa mengerti tentang komputer dan internet, jadi, kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet secara umum mutlak dibutuhkan. Anda harus tahu cara menggunakan program perambah web, harus tahu cara membuat dan menggunakan email, harus tahu cara membuat situs yang paling sederhana (dengan menggunakan layanan penyedia blog gratis misalnya), dan sebagainya. Lebih baik lagi, bekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat teknis, seperti pemahaman tentang bahasa HTML.
  4. In English, please. Seberapa besar kebencian Anda pada bahasa Inggris, hasil optimal dari bisnis internet baru bisa diraih apabila Anda menguasai bahasa Inggris. Setidaknya secara pasif. Baca tulisan saya di sini untuk alasan lebih lanjut.
  5. Miliki rekening bank dan, jika memungkinkan, kartu kredit. Sesuai dengan ketetapan dari Bank Indonesia, untuk mencairkan cek (salah satu metode pembayaran bisnis internet yang umum) Anda membutuhkan rekening aktif di bank dengan durasi minimal 6 bulan. Sebuah lembaran cek sendiri umumnya berlaku selama 3 bulan. Bayangkan jika Anda menerima sebuah cek hasil jerih payah bisnis internet Anda yang pertama, yang akan expired dalam waktu 3 bulan, namun Anda sama sekali belum memiliki rekening di bank mana pun. Jangan remehkan hal sepele ini karena sudah banyak yang mengalaminya. Mengenai kartu kredit, selain untuk alat transaksi, Anda akan membutuhkannya untuk melakukan verifikasi terhadap banyak  media online payment. Salah satunya yang umum adalah Paypal. Untuk alternatif sementara memang Anda bisa saja menggunakan VCC atau Virtual Credit Card, namun cara ini tidak 100% aman karena ada kemungkinan Paypal akan membekukan atau mempertanyakan keabsahan akun Anda dan meminta Anda untuk melakukan verifikasi ulang dengan menggunakan kartu kredit. Untuk membuat kartu kredit sendiri sebenarnya sekarang persyaratannya jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Tapi jika susah untuk diterima, Anda bisa menggunakan sistem deposit yang diperbolehkan di beberapa bank, seperti BCA dan Niaga.
  6. Carilah informasi sebanyak-banyak alias belajarlah dari banyak sumber. Detilnya akan saya jelaskan di artikel mendatang.
  7. Apabila sudah memutuskan untuk mulai action, jika memungkinkan, gunakan alternatif cara yang gratis atau berbiaya murah. Ini untuk menekan kerugian modal apabila ternyata Anda mengalami kegagalan. Dan jangan khawatir, untuk awal kemungkinan gagal sudah pasti besar kok :) Beberapa informasi tool gratisan dapat disimak di sini.
  8. Ingat baik-baik bahwa bisnis internet butuh waktu. Butuh waktu bagi Anda untuk belajar, butuh waktu bagi apa yang Anda kerjakan untuk memberikan hasil. Selain diperlukan kesabaran, diperlukan juga manajemen waktu yang baik. Buatlah jadwal mengenai apa yang harus Anda lakukan dalam kaitannya dengan bisnis internet dan disiplinlah terhadap jadwal tersebut.

Yak, cukup delapan hal itu saja dulu. Silahkan jika ada yang menambahkan, saya gak ngelarang kok :)

 

Sekilas Info: Mau Bisnis Online dengan Komisi 100rb/jam??
Klik dan Daftar di sini!!klik aja gambarnya yaaa………..

KLIK DAFTAR!!!

Iklan

Tentang Noer Mancunk

Hiduplah Dengan Memberi Arti Untuk Orang Lain Dan Berbahagialah Dalam Rasa Syukur (N.A.M) Saya Tunggu Komentar Temen-temen smua,biar Kedepannya Blog Ini Lebih Bagus Lagi yaaa,Terimakasih Atas Kunjungannya :) www.nurmancunk.wordpress.com Tentang Saya : Selain Gemar Menulis Dan mengembangkan beberapa Page-Page Motovasi, Saya Juga Seorang Entrepreneur Muda Suplier Perlengkapan Militer,Bagi sahabat-sahabat Yang Memiliki Hoby dengan Kegiatan Militer Bisa menghubungi Saya di www.ramadistro.wordpress.com ata www.ramadistro.com Satu Kata TERAKHIR..... SUKSES adalah Milik Kita,Milik Mereka yang Mau Berusaha,Bersungguh-Sungguh Dan Slalu Menomor satukan posisi TUHAN dalam hal apapun....Maka Sertakan Slalu ALLAH disetiap Rencanamu,Insyaallah Akan Slalu ADa Keberkahan Juga Kemudahan.Aamiin Regards: N.A.M (aka Noer Mancunk)
Pos ini dipublikasikan di Bisnis dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s